PKK Kecamatan Unjuk Kebolehan Lomba Masak Menu Serba Ikan

Bupati Kutim Ismunandar tinjau masakan serba ikan yang di ikuti oleh 15 TP PKK Kecamatan (foto nobi)


Kutai Timur- Dalam upaya mensukseskan program peningkatan ketahanan pangan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim gelar lomba masak menu serba ikan, Rabu,(14/11/2018).

Lomba di buka langsung oleh Bupati Kutim Ismunandar dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr. H Bahrani, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau, Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj. Tirah Satriani, perwakilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan perwakilan organisasi wanita.

Lomba tersebut di ikuti sebanyak lima belas kecamatan dengan cara unjuk kebolehan memasak dan mengolah berbagai menu berbahan ikan. Tidak hanya memasak dengan memadukan bumbu dan cara pengolahan saja, setiap kecamatan juga ditantang menyajikan masakan siap saji semenarik mungkin dan tentunya harus sedap di lidah para juri yang memberikan penilaian.

Bupati Kutim Ismunandar dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kutim merupakan wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki garis pantai 290,1 KM, terdiri dari 18 kecamatan, dengan tujuh kecamatan yang merupakan wilayah pesisir yang kaya akan sumberdaya alam.

“Dengan besarnya potensi perikanan di Kutim maka perlu diupayakan tingkat konsumsi ikan pada masyarakat, karena seperti kita ketahui, ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi, mengandung asam lemak tingkat jenuh Omega-3,” Kata Ismu sapaan akrab Bupati Kutim.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa tercipta menu dari ikan yang bisa menjadi ikon Kabupaten Kutim , seperti contoh di Kota Bontang, yakni terkenal dengan Bawis Gaminya. Meskipun di Kutim juga ada masakan seperti itu akan tetapi masyarakat jika mendengar kata gami pasti akan tertuju ke Kota Bontang,” ucapnya.

Lebih lanjut Ismu berharap  dengan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat dapat memotivasi masyarakat menkonsumsi makanan sehat dan seimbang, sehingga kebutuhan asupan gizi keluarga dan masyarakat secara umum dapat terpenuhi dan tercukupi. Taklupa Ismu mengajak untuk gemar menkonsumsi ikan.

Senada Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj. Tirah Satriani mengatakan bahwa ikan merupakan salahsatu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan, sehingga manfaat makan ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh.



“Manfaat makan ikan memiliki efek jangka panjang yang dapat menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. Namun saying masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya makan ikan, selain itu kurangnya pengetahuan akan manfaat ikan,” kata Tirah 

Dalam kesempatannya Tirah berharap kepada semua peserta lomba yang merupakan TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kutim dapat berinovasi dalam membuat masakan serba ikan, sehingga tercipta menu-menu baru yang dapat meningkatkan minat menkonsumsi ikan yang dimulai dari keluarga kita sendiri dan masyarakat disekitar kita.

“Disamping itu dapat menjadi sumber pendapatan bagi ibu-ibu yang dapat membantu pendapatan keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui UMKM,” tambahnya.
Selain Kegiatan lomba masak menu serba ikan juga dilaksanakan sosialisai kepada anak-anak PAUD (Pendidikan Usia Dini) dan Taman Kanak-Kanak (TK) dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan.(rusli nobi)

#KutaiTimur #Kutim #Sangatta #KalimantanTimur
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.