Wakili Kutim Keluarga Vinanda Juara 1 Duta Orangtua Hebat

Keluarga Auliya Vinanda dan keluarga serta pendamping BKB Monik Simbolon foto bersama (ist)


SeputarKutim- Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali mendapatkan prestasi yang luarbiasa di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Prestasi yang diraih adalah Juara satu Duta Orang Tua Hebat, dalam gelaran pemilihan Duta Orangtua Hebat yang di laksanakan oleh BKKBN Prov.Kaltim beberpa waktu lalu di Hotel Grand Sawit Samarinda dari tanggal 19 sampai dengan 21 April 2018.

Gelaran pemilihan Duta Orangtua Hebat sebagai bentuk apresiasi kepada orangtua  yang tergabung dalam kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB).

"Kecamatan Sangatta Utara Mewakili Kabupaten Kutim meraih juara 1 Duta Orangtua Hebat se-Kaltim, atas nama Keluarga Aulya vinanda husaini dan dwi indah pratiwi," Jelas salah satu pendamping untuk Kabupaten Kutim, Monik Simbolon yang juga sebagai penyuluh BKB di Kecamatan Sangatta Utara

Dijelaskannya bahwa Kutim bersaing dengan delapan pasangan orangtua yang lolos seleksi tingkat kabupaten/kota se Kaltim, Kabupaten Kutim dan delapan pasangan  orangtua  tersebut mewakili daerahnya masing-masing, hanya ada satu kabupaten yang tidak mengikuti, yakni dari Kabupaten Mahakam Ulu.

"Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan tempat mendidik, membentuk watak moral dan melatih kebersamaan," Terang Monik

"Membangun sebuah keluarga harus direncanakan mulai dari usia pernikahan, merencanakan kelahiran, mengatur jarak kelahiran dan menerapkan pola asuh yang efektif terhadap anak. Para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok BKB akan diajari bagaimana merawat dan menjaga tumbuh kembang anak," Jelasnya lagi.

"Orangtua harus membangun komunikasi yang baik dengan anak, mampu menciptakan suasana nyaman berkomunikasi dan anak berani mengungkapkan perasaan, permasalahan yang dihadapinya, serta mampu menumbuhkan percaya diri," Harapnya.

Program BKB merupakan salah satu wadahuntuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam pembinaan tumbuh kembang anak yang dilakukan semenjak anak dalam kandungan untuk mewujudkan SDM berkualitas.

Untuk diketahui kriteria orangtua yang ikut BKB atau aktif BKB boleh, melaksanakan 8 fungsi keluarga dalam kehidupan sehari hari, menggunakan MKJP, usia ideal menikah untuk istri dan suami dan nantinya pemenang akan mewakili Provinsi Kaltim mengikuti lomba ditingkat nasional.(*/nobi)

Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.