DKP dan PKK Kutim Akan Gelar Lomba Masak Serba Ikan


Technical Metting lomba masak serba ikan (foto Nobi)


SeputarKutim-Ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting disamping ketahanan ekonomi, energi dan lain sebagainya. Sebagai institusi pemerintah, Dinas kelautan dan Perikanan bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) laksanakan lomba masak serba ikan, yang akan digelar besok, Rabu (14/11/2018).

Kita ketahui bahwa Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ikan ada banyak yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi secara rutin. Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik.

Kandungan nutrisi ikan, Asam lemak Omega-3, Vitamin : D dan B2 (riboflavin).Kalsium Fosfor.Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Ketua Panitia Lomba, dari DKP Kutim Rudi Sopang Arham menjelaskan bahwa lomba masak yang diselenggarakan oleh DKP Kutim bekerjasama dengan TP PKK Kutim, yang hanya di ikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kutim pada tahun 2018 melombakan 3 kategori masakan.
“Lomba masak kali ini akan melombakan 3 kategori masakan yaitu hidangan ikan untuk rumahtangga/keluarga, hidangan ikan untuk balita dan kudapan ikan (snack) dalam mendorong peningkatan konsumsi,” jelas Rudi.

“Hidangan ikan untuk rumahtangga/keluarga adalah hidangan menu ikan yang dapat dinikmati oleh segenap anggota keluarga, hidangan ikan untuk balita adalah hidangan menu ikan untuk anak usia 3 sampai 5 tahun, sedangkan kudapan ikan (Snack) adalah jenis makanan ringan yang dapat dikonsumsi terpisah dari menu utama yang berfungsi sebagai makanan tambahan atau pelengkap,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut Ketua Pokja IV PKK Kabupaten Kutim Kamsiah Totok mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta dan terciptanya diversifikasi menu masakan berbahan baku ikan.

“Sealain itu juga untuk memperkenalkan dan tersosialisasinya keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat Kutai Timur khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,”  kata Kamsiah.

(rusli nobi)

Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.