Batu Ampar Raih Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan

Kecamatan Batu Ampar terima piala juara umum dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kutim (foto nobi)


Seputar Kutim- Kecamatanm Batu Ampar raih juara umum dalam lomba masak serba ikan yang di gelar Dinas Kelautan dan Perikanan  dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim, Rabu(14/11/)  kemarin di Gedung Wanita Jalan Prof DR Baharuddin Lopa SH, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim.

Lima belas TP PKK kecamatan saling bersaing menampilkan cipta rasa menu olahan yang berbahan dasar ikan.Berbagai jenis menu ditampilkan oleh peserta untuk merebutkan tiga kategori yakni hidangan ikan untuk rumahtangga/keluarga, hidangan ikan untuk balita dan kudapan ikan (snack) dalam mendorong peningkatan konsumsi.

Hidangan ikan untuk rumahtangga/keluarga adalah hidangan menu ikan yang dapat dinikmati oleh segenap anggota keluarga, hidangan ikan untuk balita adalah hidangan menu ikan untuk anak usia 3 sampai 5 tahun, sedangkan kudapan ikan (Snack) adalah jenis makanan ringan yang dapat dikonsumsi terpisah dari menu utama yang berfungsi sebagai makanan tambahan atau pelengkap.
Gerakan masyarakat makan ikan atau Gemarikan Kabupaten Kutim dimaksud agar semakin banyak warga yang memakan ikan, dan  berkontribusi positif bagi petani ikan/nelayan. 

Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan memasak para peserta dan terciptanya diversifikasi menu  masakan berbahan baku ikan, memperkenalkan dan tersosialisasinya keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat, serta menyebarluaskan informasi tentang pentingnya ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.


Bedsarakan hasil penilaian dewan jurui maka diputuskan sebagai Juara umum adalah Kecamatan Batu Ampar. Berikut daftar pemenang lomba :

Kriteria lomba masakan menu keluarga Juara 1 Kecamatan Kaubun, Juara 2 Kecamatan Muara Ancalong, Juara 3 Kecamtan Teluk Pandan, harapan 1  Kecamatan Sangatta Selatan dan harapan 2  Kecamatan Telen

Kriteria lomba masakan menu Balita Juara 1 Kecamatan Rantau Pulung, Juara 2 Kecamatan Batu Ampar, Juara 3 Kecamtan Teluk Pandan, harapan 1  Kecamatan Kaubun dan harapan 2  Kecamatan Muara Wahau.

Kriteria lomba masakan menu Kudapan Juara 1 Kecamatan Muara Wahau, Juara 2 Kecamatan Batu Ampar, Juara 3 Kecamtan Sangatta Selatan, harapan 1  Kecamatan Muara Ancalong dan harapan 2  Kecamatan Sangatta Utara. (rusli nobi)

#KutaiTimur #Kutim #Sangatta #KalimantanTimur 
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.