TP PKK Kutim dan Dinkes Laksanakan Bakti Sosial - Deteksi Dini CA Serviks

Pelaksanaan bakti sosial deteksi dini CA Serviks dengan IVA Test di Kecamatan Rantau Pulung (foto rusli nobi)


Seputar Kutim - Dalam upaya mencegah Kanker Servik pada wanita di Kutai Timur (Kutim), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kutim laksanakan kegiatan deteksi Kanker Servik dengan metode IVA Tes, di Puskesmas Rantau Pulung, Kecamatan Rantau Pulung. Sabtu kemarin (22/9/2018).
Di target pada hari ini (22/9), adalah 100 pemerikasan IVA Test  geratis untuk masyarakat sekitar Kecamatan Rantau Pulung.

Kanker serviks merupakan kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV). Sekitar 26.169 perempuan di Indonesia yang terkena kanker serviks. Untuk diketahui, kanker ini merupakan penyebab kematian perempuan No.1 di Indonesia.

Sampai saat ini, metode yang sering digunakan untuk mendeteksi terjadinya kanker serviks yakni dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau yang lebih dikenal dengan IVA, merupakan metode yang dapat digunakan juga untuk deteksi dini kanker serviks. Metode ini memeriksa serviks dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang).



Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr. Bahrani, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dr. Yuwana Sri Kurniawati mengatak bahwa kegiatan yang dilksanakan pada hari ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa.

“Karena ini adalah kolaborasi dari beberapa pihak, jadi tidak hanya dari Dinkes,Puskesmas saja , tetapi ada dari Ikatn Bidan Indonesia (IBI) Kutim dan TP PKK Kutim,” ucapnya.

Dikatakannya bahwa dari Dinkes ada program CERDIK, singkatan dari Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin melakukan aktivitas fisik, Diet sehat dengan mengonsumsi jumlah kalori yang seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kendalikan stres.

“Dari CERDIK ada termasuk dari deteksi dini pada pelaksanaan kegiatan pada hari ini yaitu Cek kondisi kesehatan secaraberkala, untuk IVA Test. Jika ada yang dinyatakan positif maka sejak awal dapat segera diobati,” katanya.

Lebih lanjut Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Kutim Siti Fatimah, yang juga sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kutim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan secara nasional.


“Program pemerikasan  IVA Test dicanangkan oleh Ibu presiden di tindaklanjuti oleh provinsi dan sampai ke kabupaten. Beberapa waktu yang lalu tanggal 15 hingga 16 september 2018, TP PKK Kabupaten bersama Dinkes Kutim melaksanakan pelatihan kepada bidan-bidan untuk terlatih memerikas IVA Test,untuk mengaplikasikannya maka dilaksanakanlah kegiatan pada hari ini,” katanya.

“Kegiatan pada hari ini terselenggara atas kerjasama TP PKK Kabupaten dengan Dinkes Kutim dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim, kegiatan di Puskesmas Rantau Pulung ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan bidan beberapa waktu lalu, “ jelasnya.

Fatimah berharap kepada bidan yang telah dilatih dapat mengaplikasikan ilmunya sehingga bermanfaat untuk masyarakat disekitar tempat dia mengabdi, namun kami (Dinkes) tetap menghadirkan IBI dari Kabupaten untuk mendampingi bidan yang baru dilatih. (rusli nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.