Panen Semangka di Rantau Pulung, Para Petani Raup Jutaan Rupiah


Desa Manunggal Jaya panen raya semangka. (ist)



Seputar Kutim- Musim kemarau saat ini menjadi berkah bagi Petani di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur. Sepekan ini mereka panen raya buah segar berair yang biasa disebut semangka. 

Ada dua parian semangka yang di tanam para petani di Desa Manunggal Jaya, yakni semangka merah yang sudah pamiliar dikenal oleh masyarakat luas dan ada semangka yang isinya berwarna kuning dan berbentuk agak lonjong, yang dikenal oleh para petani dengan nama semanga Inul.

Semangka yang namanya sama dengan nama penyanyi dangdut fenomenal asal Porong, Pasuruan ini kini menjadi primadona bagi petani Desa Manunggal Jaya. Di desa ini, bibit semangka jenis ini termasuk jenis baru yang dikembangkan. Di musim kemarau saat ini hampir semua petani memilih menanam semangka. Karena buah ini banyak diburu agen-agen buah dari Kutai Timur, Berau maupun daerah lainnya.

Semangka bisa dipanen tiga kali dalam satu musim tanam. Produktivitas buah ini sangat bagus, karena tidak terserang hama. Untuk satu kali panen di lahan seluas tiga hektar, bisa dipetik puluhan ton dengan harga jual per kilo Rp 4.000. Sementara modal yang dikeluarkan dari awal tanam bibit, pemeliharaan dan panen jauh dibawah harga jual, sehingga sangat menguntungkan bagi para petani buah.


Camat Rantau Pulung Mulyono sangat mengapresiasi para petani di kecamatannya perkembangan pertanian di wilayah Kecamatan rantau Pulung sangat berkembang.
“Di Kecamatan rantau Pulung tidak hanya petani sawit dan karet yang berkembang akan tetapi ada beberapa pertanian lain yang berkembang di sini, seperti yang kita saksikan saat ini di Desa Manunggal Jaya, sedang panen semangka,” ucap Mulyono.

 “Sekarang panen semangka. Hasilnya nya puluhan ton dengan harga jual perkilo sekitar Rp. 3500 sampai dengan Rp 4000 , sehingga para petani dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. Hal ini juga tidak terlepas dari binaan berbagai instansi pemerintah daerah, Badan Urusan Milik Desa (BUMDes) dan beberapa perusahaan swasta lainnya, kepada para petani mandiri di sekitar Kecamatan rantau Pulung” kata Mulyono, Sabtu (22/9/2018).


Pemeliharaan yang tidak sulit dan telah terbukti mampu berproduksi secara bagus, menjadi alasan petani didesanya memilih menanam semangka dan banyak tersebar di beberapa desa di Kecamatan rantau Pulung.

Sebelumnya beberapa waktu lalu diadakan Kegiatan panen raya semangka Bumdesa Mulya Jaya desa Manunggal Jaya Kec Ranpul yang dirangkai dengan kegiatan Tasyakuran  dan serah terima Bantuan CSR PT.KPC, Kamis (20/9/2018).

Yang dihadiri oleh, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Kutim  Suko Buwono, Kepala Dinas Pertanian Soegiyono , Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Suwandi, muspika kecamatan kepala UPT se Kec Ranpul, para Kepala Desa dan para direktur Bumdesa se Kec ranpul serta masyarakat sekitar.

Penyerahan bantuan CSR berupa bantuan permodalan kepada BumDesa Mulya Jaya, dan Bibit Sawit untuk masyarakat Ranpul di serahkan langsung oleh GM ESD PT.KPC Wawan Setiawan kepada Direkrur Bumdes Mulya Jaya Andreas kristian kepada Camat Rantau Pulung Mulyono. (rusli nobi)

Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.