Ribuan Warga Muara Ancalong Antusias Hadiri Peluncuran Germas


 
Ismunandar beserta Camat Muara Ancalong Helmi dan beberapa kepala SKPD serta masyarakat makan buah bersama menandai diluncurkannya Germas di Ancalong. (Foto Rusli Nobi)
Ismnandar : Melalui Germas mari kita tingkatkan derajat kesehatan masyarakat Kutim



SeputarKutim- Ratusan pelajar dan masyarakat penuhi Lapangan Sukarela, Desa Kelinjau Ilir, Kecamatan Muara Ancalong untuk melakukan senam dan makan buah bersama, sebagai tanda diluncurkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kecamatan Muara Ancalong, Sabtu (8/9/2018).

Peluncuran atau Launching Germas di buka langsung oleh Bupati Kutim Ir. H. Ismunandar, MT dan turut di hadiri Kadis Kesehatan Kutim dr Bahrani, Sekretaris Dinkes Haryati Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau, Kepala Dinas Sosial Jamiatulkhair Daik, Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas) Suwandi, beberapa perwakilan anggota DPRD Kutim, Kapolsek Muara Bengkal, Camat Muara Ancalong H Helmi, Camat Muara bengkal Darmansyah serta Camat Longmesangat Emmanuel Eng.

Salah satu tujuan Germas ini adalah, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kutim. Kemudian masyarakat bisa menerapkan perilaku sehat, sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan. “Jika sehat, produktivitas masyarakat Insya Allah meningkat. Selanjutnya tercipta lingkungan yang bersih, serta beban masyarakat untuk merawat orang sakit berkurang,” kata Bupati Kutim Ismunandar.

"Hari ini Sabtu 8 September 2018, saya canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Saya berharap masyarakat Muara Ancalong membiasakan diri untuk makan buah serta menjaga pola hidup yang sehat," ucap Ismu.




Permasalahan kesehatan yang timbul merupakan akibat perilaku hidup yang tidak sehat dan sanitasi lingkungan yang buruk yang sebenarnya dapat dicegah bila  fokus pelayanan kesehatan diutamakan pada pelayanan kesehatan  preventif dan promotif. Sebagai ujung tombak dalam meningkatkan kualitas kesehatan kesehatan masyaraat,  kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarag (PKK) memiliki peran yang sangat penting. Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutim Hj, Encek UR Firgasih, saat ditemui beberepa waktu lalu.

“Sudah menjadi tugas para kader PKK untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya melalui Germas yang merupakan program Kementrian Kesehatan RI ini karena kader PKK selalu bersentuhan langsung dengan para keluarga,” ujarnya.

Hj, Encek UR Firgasih menyambut baik program Germas dan Keluarga Sehat ini dan berharap gerakan ini bisa menggugah masyarakat semakin peduli akan pentingnya kesehatan. 
“Salah satu dari10 program PKK adalah kesehatan, jadi pastinya PKK akan terus terlibat aktif mensukseskan Kegiatan Germas dan Hidup sehat ini dengan mensosialsiasikan budaya Perilaku Hidup Bersi dan Sehat ( PHBS ) dalam gaya hidup di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat,” tambahnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr. Bahrani menambahkan bahwa Germas adalah gerakan masyarakat hidupsehat yang prilakunyakita singkat dengan CERDIK.

“ CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres,” jelas Bahrani.

“Mengapa Germas ini digalakan oleh pemerintah karena penyakit-penyakit sekarang kebanyakan adalah penyakit yang tidak menular, seperti strok, darah tinggi, kencing manis, ginjal dan lain-lain. Jika kita menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, maka risiko atau kemungkinan untuk terkena penyakit ini akan berkurang,” lanjut Bahrani.

Kegiatan Launching Germas yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kutim melalui dinas Kesehatan dan  Tim Penggerak PKK Kutim, juga dirangkai tes kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga setempat. Disamping itu juga di gelar Bakti Sosial berupa operasi katarak bekerjasama dengan Ikatan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Untuk 5 Kecamatan yakni Kecamatan Muara Ancalong,  Muara Bengkal, Long Mesangat, Batu Ampar dan Busang. (*/Rusli Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.