Tujuh Jenis Alsintan Tiba di Dinas Pertanian Kutim

Alstina yang akan dibagi ke Gapoktan, UPJA dan Poktan di Kutai Timur (syahid)

Seputar Kutim- Demi mendukung kemajuan di sektor pertanian, penggunaan mesin modern sudah jadi kebutuhan. Di triwulan kedua, Dinas Pertaninan (Distan) Kutim kedatangan tujuh jenis alat mesin pertanian (Alsintan).

Kepala Distan Kutim Sugiono melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembiayaan dan alat mesin, Rofiqoh Istikhoroh mengungkapkan alat yang tiba dihalaman kantor bersumber dari bantuan aspirasi Anggota DPR Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Kasriyah dan Budi yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Alsintan tersebut diantarany  Traktor roda empat (TR4), lalu Traktor roda dua (TR2), selanjutnya Transplanter, Handsprayer, pompa air alat tanam Jangung (corn planter) dan Cultivator, sebutnya saat dihubungi belum lama ini.


Lebih lanjut, Rofiqoh menjelaskan Alsintan datang bertahap. Awal minggu ketiga Juli sudah mulai dibagikan ke Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), lalu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Kelompok tani (Poktan) yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kutai Timur.

“Sebarannya meliputi Kecamatan Kaubun, Karangan, Bantu Ampar, Kombeng, lalu Sangatta Selatan,” kata Rofiqoh.

Dia pun berharap Gapoktan, UPJA dan Poktan yang diamanahi Alsintan bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya, merawat dengan penuh tanggungjawab.

“Semoga dengan hadirnya Alsintan ditengah para petani bisa mempermudah proses pertanian serta petani mudah menggarap lahan sawah dengan Alsintan sehingga Kutai Timur kedepan bisa mencapai swasembada beras,” harapnya, wanita berhijab ini. (syahid)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.