Rapat Konsultasi, PKK Bahas Program Kerja Agar Lebih Terarah


Suasana pelaksanaan Rakon Ketua TP PKK Kecamatan dan sekretaris Se Kutai Timur di Ruang Tempudau Kantor Bupati Kutim. (Rusli Nobi)

Seputar Kutim-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ikuti rapat konsultasi (Rakon) di Hari Kesatuan Gerak (HKG ) PKK ke 46 tingkat Kabupaten Kutim, Kantor Bupati Kutim. Selasa (10/7/2018).

Peserta Rakon terdiri dari 18 Kecamatan se Kutai Timur dimana setiap kecamatan mengirimkan sebanyak 7 orang pengurus PKK yang terdiri dari Ketua PKK Kecamatan, sekertaris PKK Kecamatan, bendahara, Ketua Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV dengan total peserta Rakon sebanyak 126 peserta.

Berbagai kegiatan Rakon meliputi diskusi panel per Pokja, sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan integrasi rencana dan penganggaran program PKK dalam Program Bangdes, daerah dan nasional yang dibawakan oleh MOH. Jauhar Efendi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur.

Sedangkan kegiatan Peringatan HKG PKK ke 46 tingkat Kabupaten Kutim tahun2018 yang bertemakan “Kerukunan Keluarga dan Lingkungan Menuju Indonesia Damai” akan diadakan lomba masing-masing Pokja dimana untuk juara satunya nanti akan dikirim ketingkat Provinsi.

Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur Hj. Encek UR Firgasih mengatakan bahwa Rakon merupakan sarana untuk menjalin silahturrahmi dan komunikasi serta merumuskan perencanaan program PKK yang partisifatif, inovatif dan banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat.

“Rakon ini merupakan kegiatan strategis dalam rangka penyusunan program kerja yang terarah dan terkoordinasi dengan baik, melalui Rakor ini rencananya program kerja akan lebih dimantapkan dan diselaraskan dengan kondisi dan aspirasi wilayah yang pada akhirnya gerakan PKK dapat lebih terasa bermanfaat oleh masyarakat luas,” harapnya.

“sedangkan Peringatan hari Kesatuan Gerak PKK tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat , tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK selama ini, dalam usaha memberdayakandan mensejahterakan keluarga,” jelasnya.

Melalui tema HKG PKK ke 46 tahun 2018 yakni “Kerukunan Keluarga dan Lingkungan Menuju Indonesia Damai” Ketua PKK Kutim Hj. Encek UR Firgasih mengharapkan kepada seluruh tim penggerak PKK dan kader PKK diharapkan secara berjenjang secara tingkatan senantiasa bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga di Kabupaten Kutai Timur dalam kondisi aman dan nyaman yang dimulai dari keluarga.

“Keluarga di lingkungan menjadi benteng utama dan pertama untuk terciptanya kondisi yang baik, jika sudah dapat dikondisikan keamanan dan kedamaian di masyarakat maka secara tidak langsung kondisi di Indonesia terutama di Kutai Timur bisa aman dan tentarm. Oleh karena itu sangat dibutuhkan fungsi PKK dan kader PKK untuk dapat menjembatani peran serta setiap orangtua untuk membangun ketahanan dalam keluarga,” ucapnya. (Rusli Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.