Rantau Pulung Raih Juara Umum Lomba Bidang Kesehatan Tingkat Kabupaten Kutim

Foto bersama Wabup Kutim Kasmidi Bulang beserta isteri dengan Camat Rantau Pulung Mulyono  beserta isteri dan TP PKK Kecamatan Rantau Pulung. (rusli nobi)


SEPUTAR KUTIM-Pembangunan di bidang kesehatan pada hakekatnya merupakan bagian integral dari upaya untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus penyakit. Upaya tersebut memerlukan penanganan yang serius, terorganisasi, terkoordinasi serta sinergis terhadap masalah yang sangat kompleks.

Untuk itu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutim dan Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kutim, selenggarakan berbagai lomba PKK – KKBPK (kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga)- Kesehatan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Juli hingga 7 Juli 2018 kemarin.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutim yang juga sebagai ketua tim penilai lomba, Siti Fatimah bahwa Kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dilaksanakan secara terpadu oleh TP PKK, BKKBN, Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri. Banyak hasil pencapaian yang didapat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Namun dalam capaiannya masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata  terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan, yang dilakukan kelompok Dasawisma, Posyandu, Institusi masyarakat pedesaan dan perkotaan (IMP), Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Puskesmas dan lain-lain, terutama pelayanan pada daerah terpencil khususnya masyarakat/keluarga miskin,”  Ucap Fatimah sapaan akrab Kabid. Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kutim.

Lebihlanjut Fatimah berharap kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, LSM, dunia usaha dan swasta. Sesuai dengan nuansa otonomi daerah, penyelenggaraan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemerintah daerah untuk mengembangkan kegiatan berdasarkan perioritas di masing-masinmg daerah sesuai dengan kondisi setempat.

Untuk diketahui kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dalam mendapatkan Pakarti Utama dan Pakarti Madya kategori Kabupaten dan Kota. Lomba-lomba tersebut adalah lomba PKK-KKBPK Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga dan lomba pemanfaatan Toga.

Dari rangkaian lomba bidang kesehatan tahun 2018, yang digelar TP PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan Kutai Timur dan DPMPD Kutim, predikat  juara umum kali ini diraih oleh Kecamatan Rantau Pulung.

Dengan raihan tersebut Camat Rantau Pulung, Mulyono saat di temui mengatakan dengan keberhasilan ini tentunya merupakan sebuah kehormatan, kepercayaan dan penghargaan kepada Kecamatan Rantau Pulung.

“Kami (Kec.Ranpul) sudah berusaha keras untuk melaksanakan program-program khususnya terkait dengan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Tentunya penghargaan ini sebagi bentuk apresiasi  terkait apa yang telah kami laksanakan,” ucap Mulyono.

“Mengapa kami (Rantau Pulung) begitu antusias dan semangat mengikuti lomba-lomba ini, karena dengan mengikuti lomba secara otomatis kita melakukan pembinaan dilapangan dan juga melaksanakan program-program terkait dengan kesehatan, pemberdayaan maupun program lainnya,” jelas Mulyono.

Berikut nama-nama pemenang lomba-lomba bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kutai Timur dan DPMPD :
Lomba Posyandu tingkat Kabupaten

1.         Juara 1 Posyandu Sukma Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng
2.         Juara 2 Posyandu Kasih Ibu Desa Pulung Sari Kecamatan Rantau Pulung
3.         Juara 3 Posyandu Cempaka Desa Marah Haloq Kecamatan Telen
4.         Juara 4 Posyandu Buah Hati Desa Kaliorang Kecamatan Kaliorang
5.         Juara 5 Posyandu Bina Sehat Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatt Utara
6.         Juara 6 Posyandu Kasih Ibu Desa Batu Timbau Ulu Kecamatan Batu Ampar.

Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

1.         Juara 1 Desa Mukti Utama Kecamatan Long Mesangat
2.         Juara 2 Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng
3.         Juara 3 Desa Pulang Sari Kecamatan Rantau Pulung
4.         Juara 4 Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara
5.         Juara 5 Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan
6.         Juara 6 Desa Long Nah Kecamatan Muara Ancalong.

Lomba Pemanfaatan Toga

1.         Juara 1 Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar
2.         Juara  2 Desa Pulang Sari Kecamatan Rantau Pulung
3.         Juara 3 Desa Marah Haloq Kecamatan Telen.

PKK-KKB Kesehatan  Juara 1 Desa Kebun Agung Kecamatan Rantau Pulung.
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.