Posyandu Bina Sehat Menjadi Posyandu Pertama Yang Dinilai

Suasana penilaian Posyandu Bina Sehat yang di hadiri Camat Sangata Utara Basuni (Rusli Nobi)


Seputar Kutim-Posyandu Bina Sehat yang berada di Desa Singa Gembara Kecamatan Sangata Utara hari ini, Senin (2/7) mendapatkan kunjungan dari tim penilai dari Kabupaten, untuk peninjauan langsung.

Posyandu Bina Sehat merupakan salah satu dari enam Posyandu yang lolos seleksi berkas dan profil. Dari enam Posyandu yang lolos untuk penilaian diantaranya Posyandu Bina Sehat Kec. Sangatta Utara, Buah Hati Kec. Kaliorang, Sukma Kec. Kongbeng, Cempaka Kec. Telen, Kasih Ibu Kec. Batu Ampar dan Kasih Ibu Kec. Rantau Pulung.

Penilaian yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Timur, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutim dimulai dari pukul 7.30 wita dan di hadiri lanngsung oleh Camat Sangatta Utara di dampingi isteri yang juga sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Sangatta Utara Siti Maskanah.

“Alhamdulillah setelah melaui seleksi profil kemarin kita (Sangatta Utara) masuk, salah satunya adalah Posyandu Bina Sehat dan juga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang berada di Gang Volvo Jalan APT. Pranoto,” ucap Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni.

“Kegiatan ini sangat bagus dan positif sebagai motivasi para kader Posyandu untuk lebih bersemangat melaksanakan tugasnya agar pelayanan kesehatan bayi dan balita terutama di Kecamatan Sangatta Utara lebih baik lagi,” harap Basuni.

Lebihlanjut Basuni menjelsakan bahwa Sangatta Utara memang telah melakukan persiapan untuk mengikuti seleksi penilaian Posyandu, yakni dengan melaksanakan lomba untuk tingkat kecamatan dan terpilihlah Posyandu Bina Sehat dan selanjutnya mengikuti tingkat Kabupaten.

“Dalam melaksanakan pembinaan ini juga melibatkan istri yang juga selaku Ketua TP PKK Kecamatan Sangtta Utara, dan mudah-mudahan kita (Sangatta Utara) bisa terpilih untuk mewakili Kabupaten Kutai Timur untuk mewakili di tingkat Provinsi,” harapnya.

Tidak lupa, Basuni mengucapkan terimakasihnya kepada kader-kader yang antusias sekali, terutama dalam satu minggu ini mereka sangat intensip untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan penilaian lomba Posyandu di tingkat Kabupaten terutama yang berkaiatan dengan data. 

Untuk diketahui Posyandu merupakan suatu kegiatan perwujudan peran serta masyarakat yang dikelola oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat dalam  mencapai pelayanan kesehatan yang lebih baik. Penyelenggaraannya dilakukan oleh kader yang telah dilatih di bidang kesehatan dan KB dengan keanggotaannya berasal dari PKK, tokoh masyarakat, dan pemudi. (Rusli Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.