Anisa Julianti-Dari Pedalaman Menuju Tingkat Nasional

Anisa Julianti Siswi SMPN 2 Muara Wahau (foto Rusli Nobi)


Seputar Kutim-Anisa Julianti siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Muara Wahau menjadi salah satu siswi yang mewakili Kalimantan Timur (Kaltim) pada Olimpiade Sains Nasional di Kota Padang, Sumatra Barat yang akan digelar pada tanggal 1-7 Juli 2018.

Pelajar yang selalu menyabet rangking satu di sekolah SMP Negeti 2 Muara Wahau, membuktikan bahwa kompetensi dalam dunia pendidikan di Kutai Timur sudah merata. Ia berhasil mengungguli sesame pelajar lainnya se-Kabupaten Kutai Timur untuk menuju ke tingkat nasional.

Ditemui usai dilepas Bupati Ismunandar, Senin (25/6), Anisa mengaku keikutsertaanya ke OSN di Padang, Juli mendatang merupakan hal yang sangat diimpikan. Satu kali mencoba dan pernah gagal di tingklat Kabupaten tidak menyurutkan langkahnya untuk kembali mencoba pada 2018. Benar saja, ia bisa menyisihkan pelajar berprestasi lainnya.

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Asbudi Saputra dan Elvianti, keseharian Ayah Anisa Julianti adalah penjual perangkat elektronik dan Ibu hanya sebagai ibu rumahtangga.

Anisa mengatakan untuk menjadi yang terbaik di OSN. Anisa menyiapkan dirinya dengan belajar lebih giat lagi dan saat ditunjuk untuk mengikuti OSN dirinya merasa kaget, senang dan bangga.

“Persiapan yang di hadapi untuk mengikuti lomba nanti Anisa selalu mempelajari kisi-kisi serta buku-buka yang diberikan oleh guru juga di pelajari selain itu juga sering browsing di internet untuk mencari literature-literatur ilmu pengetahuan,” ujar Anisa.

“Tidak ada vitamin atau makanan khusus dalam menghadapi OSN ini dan tidurpun seperti biasa, tidak belajar sampai larut malam yah seperti rutinitas biasanya saja. Orang tua sangat mendukungsekali dan dia berpesan kepada Anisa untuk terus rajin-rajin belajar,” jelas Anisa.

“Saya berharap bisa mengharumkan nama Kabupaten Kutai Timur, juga Kecamatan Muara Wahau, dimana saya tinggal dan keluarga di ajang nasional. Bahwa pelajar di pedalamanpun mampu bersaing di tingkat Nasional dengan pelajar dari daerah lain,” ungkap pengemar bacaan komik.

Anisa panggilan akrab Anisa Julianti akan berangkat ke Padang bersama tiga pelajar lainnya asal Kabupaten Kutai Timur. Yaitu Sandriana Agata Sinaga dari SMP YPPSB, Febrian Rinaldi Ruma dari SMPN 1 Sangatta Utara dan Anisa Ditah Rahayu dari SD IT Darusalam. (*/Rusli Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.