Mahasiswa dan Pelajar di Kutim Ikuti Pelatihan Jurnalistik Gelaran AJKT

Suasana pelatihan jurnalistik yang di ikuti mahasiswa dan pelajar yang ada di Kutim (dok/AJKT)


SeputarKutim-Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) menggelar pelatihan jurnalistik dasar tingkat mahasiswa dan pelajar di Kutim, Selasa (15 /5) kemarin.

Acara ini melibatkan mahasiswa Sekolah Tinggi Pertanian (Stiper) dan SMK N 1 Majai dari beberapa jurusan. Acara dilaksanakan di Aula sekolah SMK N 1 Majai Sangatta Utara.

Dikatakan Ansar,  Ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) binaan AJKT,  sedikitnya 30 orang yang mengikuti acara yang kedua kalinya itu. Sebenarnya,  ada sekira 50 orang yang mendaftar. Hanya saja,  panitia membatasi peserta. Dengan alasan,  agar kegiatan berjalan efektif dan terarah.

"Banyak sekali yang mau ikut. Tetapi kami harus batasi. Kami hanya mengutamakan peserta dari SMK N 1 Majai," kata Ansar.

Kegiatan yang dimulai sejak Pukul 08.00 Wita tersebut berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.  Peserta cukup antusias.  Hal ini menandakan,  peserta serius dalam mengikuti pelatihan jurnalistik.

"Kami suguhkan materi  metode wawancara,  teknik penulisan berita cetak,  online,  radio,  dan TV serta teknik mengambil gambar," kata Ansar.

Sementara itu,  Ketua AJKT,  Dhedy menuturkan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk mencari bibit-bibit baru dalam dunia jurnalistik. "Mereka merupakan potensi yang harus dikembangkan. Saya yakin, ada potensi yang terpendam di dalam diri mereka," kata Dhedy.

Nantinya,  semua peserta tidak dilepas begitu saja. Akan tetapi terus diberikan  pembinaan.  Sehingga mereka mengenal jauh dunia jurnalistik.

"Kami buat group khusus. Nanti mereka diminta mencari berita.  Jika baik,  maka akan dinaikkan ke koran, online,  atau radio. Bahkan TV.  Kami juga akan memberikan hadiah kepada mereka yang membuat berita," katanya.

Sementara itu,  Wakil Bupati Kutim,  Kasmidi Bulang memberikan prestasi kepada AJKT. Karena AJKT merupakan organisasi aktif menjalankan program kerjanya.  Gencar melakukan kegiatan positif khususnya pelatihan bagi mahasiswa dan pelajar.

"Kami memberikan apresiasi kepada AJKT.  Semoga acara seperti ini terus berjalan," katanya. (di/sh)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.