Kecamatan Rantau Pulung Gelar Lomba PKK Desa

Foto bersama pemenang lomba PKK Desa tingkat Kecamatan Rantau Pulung (ist)

SeputarKutim- Dalam upaya memotivasi serta mewujudkan kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa yang berkualitas untuk menjalankan 10 program pokok PKK, TP-PKK Kecamatan Rantau Pulung  gelar lomba PKK Desa tingkat Kecamatan Rantau Pulung beberapa waktu lalu.

Salah satu tujuan dari pelaksanaan lomba PKK desa ini sendiri adalah untuk mengetahui sejauhmana pemahaman dan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di 9 Desa dalam wilayah Kecamatan Rantau Pulung.

 Sepuluh program Pokok PKK tersebut adalah penghayatan serta pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan serta tatalaksana rumahtangga, pendidikan serta keterampilan, kesehatan, pengembangan kebudayaan berkoprasi, kelestarian lingkiungan hidup dan perencanaan sehat.

Saat ditemui Camat Rantau Pulung Mulyono menjelaskan bahwa lomba PKK Desa tingkat Kecamatan Rantau Pulung yang dilaksanakan, Rabu (9/5/2018) yang lalu dihadiri langsung oleh pimpinan Muspika (camat, Kapolsek dan Danramil) serta para Kepala UPT dan Kepala Desa. hal ini menunjukkan kegiatan PKK di Kecamatan Rantau Pulung mendapat dukungan dan perhatian serta support baik berupa program dan pendanaan untuk kegiatan PKK dari Pemerintah Desa, Polsek, koramil maupun unit instansi teknis yang ada di kecamatan Rantau pulung.


“Maksud dan tujuna lomba ini sendiri adalah untuk mengetahui sejauhmana pemahaman dan pelaksanaan 10 program pokok PKK di 9 desa dalam wilayah Rantau Pulung, untuk memacu semangat dan motivasi PKK Desa dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di desanya masing-masing dan memberikan apresiasi kepada PKK Desa yang telah bekerja keras dalam melaksanakan 10 Program pokok PKK ,” jelas Mulyono.

“Kegiatan lomba PKK Desa Tingkat Kecamatan Rantau Pulung ini juga turut didukung oleh para perusahaan yang beroprasi dalam wilayah kecamatan Rantau pulung sebagai sponsor, diantaranya PT. KPC, PT. Andalas Wahana Sukses (PT. AWS), PT. NIKP, PT. KAN, PT. Dinamika, dan PT. PAMA,” terangnya lagi.

Lebihlanjut Ketua TP PKK Kecamatan Rantau Pulung Desi Wahyu Fitria menambahkan bahwa lomba-lomba yang digelar diantaranya adalah lomba Administrasi PKK Desa, pidato ketua PKK desa, penyuluhan lansia, penyuluhan BKB, UP2K, cipta makanan olahan berbahan lokal, merangkai mpon-mpon, menghias wajah tanpa cermin dan penyuluhan Germas.

“Kegiatan lomba PKK Desa tingkat Kecamatan Rantau Pulung ini adalah yang pertama kali dilakukan di Kecamatan Rantau Pulung, dan akan menjadi agenda rutin tahunan kegiatan PKK Kecamatan Rantau Pulung karena dalam perlombaan ini bagi desa yang mendapatkan poin tertinggi akan mendapatkan predikat juara umum  dan mendapatkan piala bergilir dan uang pembinaan,” jelas Desi.

Pada kesempatannya Desi Wahyu Fitria selaku Ketua TP PKK Kecamatan Rantau Pulung mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada sponsor yang telah mendukung hingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan PKK Desa dan PKK Kecamatan.

Untuk diketahui dalam lomba PKK Desa tingkat Kecamatan Rantau Pulung Tahun 2018, Desa Margo Mulyo keluar sebagai Juara Umum dengan nilai 24, dengan raihan juara, yakni  juara 1 penyuluhan pola asuh anak, juara 1 penyuluhan BKB , juara 1 UP2K , juara 2 lomba cipta menu , juara 3 lomba administrasi dan juara 1 penyuluhan Germas. (Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.