Dishub Kutim Gelar Pemilihan Abdi Yasa Teladan 2018

Wakil Bupati Kutim H. Kasmidi Bulang berikan secara simbolis kartu tanda peserta Abdi Yasa Teladan (foto Nobi)


SeputarKutim-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pemilihan Abdi Yasa Teladan Tahun 2018, yang bertujuan untuk memilih awak kendaran umum teladan (Akut) yang nantinya akan menjadi contoh pengendara atau pengemudi dalam berlalulintas demi terciptanya kenyamanan untuk melaksanakan transportasi secara masal di Kutim.

Wakil Bupati Kutim H. Kasmidi Bulang , saat membuka secara resmi pelatihan Abdi Yasa Teladan yang terlaksana di Hotel Victoria Sangatta, Selasa (8/5),  mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini adalah wajib untuk dilaksanakan setiap tahunnya dan acara ini adalah acara yang bergengsi karena berjenjang, pemilihan bukan hanya sampai tingkat kabupaten akan tetapi hingga tingkat provinsi dan bahkan Nasional.

“Dari hasil pemilihan ini kita ingin nantinya di tingkat Provinsi dapat menampilkan yang terbaik untuk mewakili Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk ke tingkat nasional, seperti  dua tahun yang lalu yakni tahun 2016 bisa masuk hingga ke tingkat nasional, jadi kita berharap nanti yang terpilih adalah yang terbaik dari yang baik, artinya benar-benar bisa mewakili kita semua,” harap Kasmidi.

 “Mengapa saya katakana ini wajib untuk dilakukan karena ini cermin dari transportasi yang ada di Kabupaten kita, dalam hal keteladanan supir baik itu angkutan umum, travel, maupun angkutan jasa lainnya bus dan barang. Jika nantinya mendapatkan predikat teladan berarti transportasi di Kutim ini baik,” terang Kasmidi.

Dalam kesempatan itu, iya juga mengatakan kegiatan ini juga merupakan salah satu pembinaan yang di lakukan oleh pemerintah. Untuk kedepannya dapat membuat seluruh supir-supir yang ada mengerti akan peraturan lalulintas, paling tidak memahami Undang-Undang tidak secara otodidak akan tetapi paham dengan pasal-pasal dan aturan-aturan ketika kita menjalankan kendaraan.

Senada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutim, Ikhsanuddin Syerpie mengatakan  bahwa pemilihan Abdi Yasa Teladan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dari Dirgen Perhubungan Darat yang dilaksanakan dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan pemerintah  pusat.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk merubah sikap prilaku pengemudi agar tertib dan ikut bertanggungjawab dalam peningkatan pelayanan serta keselamatan pengendara di jalan,” terang Ikhsan

“Untuk terwujudnya hal ini maka diperlukan pengemudi yang memiliki kopetensi disiplin dan professional, dengan pembekalan yang dilaksanakan hari ini InsyaAlla pelayanan jasa angkutan kita dalam memberikan jasa pelayanan akan tercipta dengan baik serta dapat mengurangi angka kecelakaan lalulintas dijalan,” harap Ikhsan.

Dalam kesempatannya Kadishub Kutim dihadapan peserta berpesan agar semua peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti  kegiatan Abdi Yasa Teladan, karena akan menjadi bekal yang akan dijalani.
 
Untuk diketahui peserta yang mengikuti seleksi Abdi Yasa Teladan tingkat Kabupaten Kutim Tahun 2018 terdiri dari angkutan kota dibawah naungan Organisasi Angkutan Darat (Organda), Asosiasi Travel, Perum Damri dan angkutan barang. Dan kegiatan terlaksana berdasarkan surat dari Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim tentang pelaksanaan Abdi Yasa Teladan tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli Tahun2018 dan surat Dirgjen Perhubungan Darat yang akan dilaksanakan pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat nasional, yang dilaksanakan secara bertahap dari tingkat Kabupaten/kota, Provinsi dan Nasional. (Nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.