Perekaman E-KTP di Kutim Sudah Capai 76 Persen

 
Kepala Disdukcapil Kutim Januar Putra Lembang Alam saat menyampaiakan laporannya di Coffee Morning. (nobi)
 
Sangatta- Meskipun beberapa server di  beberapa kecamatan banyak yang tidak berfungsi dengan baik namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tetap melaksanakan pelayanan perekaman Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).
 
Dalam coffee morning yang dilaksanakan pagi tadi, Senin (16/4) di Ruang Meranti kantor bupati , Kepala Disdukcapil Januar Putra Lembang Alam mengatakan bahwa peralatan masih menjadi kendala dalam pelayanan perekaman KTP Elektronik.
 
Meski begitu, Disdukcapil menyiasati dengan menggunakan aplikasi online untuk pelayanan di kecamatan dan ofline untuk di pelayanan  E-KTP di desa. “ Terbatasnya tenaga teknis untuk perbaikan server yang ada di beberapa kecamatan  menjadi kendala perekaman E-KTP.,” terangnya.
 
Mengenai hal tersebut kami (Disdukcapil) memiliki solusi bahwa semua alat-alat yang rusak di beberapa kecamatan tersebut kita alihkan untuk bisa langsung online ke pusat dan juga ke kabupaten dalam hal perekapan e-KTP, dan yang untuk di desa-desa masih dilakukan secara offline.
 
“Dari beberapa server yang rusak di beberapa kecamatan sudah kita buatkan aplikasinya agar dapat digunakan secara online sehingga perekaman dapat terus dilaksanakan dan beberapa desa dilaksanakan secara offline inilah beberapa yang menjadi kendala bagi kita (Disdukcapil),” tambahnya.
 
Menurut data wajib E-KTP 2017 di Kutim berjumlah 291.506 orang dan berdasarkan laporan di bulan Maret 2018 kemarin Disdukcapil Kutim telah melakukan perekaman sebanyak 221.314 orang sehingga jika diasumsikan baru mencapai 76%.
 
Januar juga menjelaskan bahwa Disdukcapil telah membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan adanya temuan dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten bahwa  di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Bontang ada warga Kutim sebanyak 427. Telah kami verifikasi sebanyak 184 dan yang sudah di cetak e KTPnya sebanyak 127 dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 83 orang. (nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.