Kecamatan Kongbeng Siap Wujudkan Masyarakat berPHBS


Tampak panitia sedang membagi buah kepada peserta yang di ikuti oleh anak-anak SD (nobi)

SANGATTA-Dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat serta meningkatkan warga untuk berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sebanyak 300 anak-anak sekolah dasar (SD) yang ada di Desa Suka Maju serta tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Kongbeng dan PKK Desa Suka Maju laksanakan senam bersama dilanjut dengan makan buah, beberapa waktu lalu.

Kegiatan senam bersama dan makan buah yang dilaksanakan di halaman kantor desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng merupakan rangkaian dari desa ber PHBS di rumah tangga.

Untuk diketahui PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.



Saat di konfirmasi melalui telepon seluler Ketua TP PKK Kecamatan Kongbeng Hj. Tarawiyah mengatakan bahwa dalam melaksanakan rangkaian persiapan desa ber PHBS TP PKK Kecamatan Kongbeng  laksanakan senam dan makan buah bersama di halaman kantor Desa Suka Maju.

“Tak hanya senam dan makan buah bersama yang menjadi rangkaian desa berPHBS namun sebelumnya Kecamatan TP PKK Kongbeng telah melaksanakan berbagai lomba-lomba diantaranya lomba penyuluhan PHBS, Lomba pidato penguatan Dasawisma dan lomba pemanfaatan toga Tingkat desa yang diikuti perwakilan Rukun Tetangga (RT),” Terangnya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mendekatkan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat melalui pemahaman tentang masyarakat berPHBS,” Imbuhnya.

Tarawiyah juga menjelaskan sedikit tentang  indikator PHBS dikatakannya bahwa PHBS rumah tangga dehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di rumah tangga yakni : Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif,  menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih kni, mencuci tangan dengan air bersih sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah. (nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.