Jaga Kualitas Air - WTP IPA Kabo di Kuras

Tampak sejumlah pegawai PDAM tengah membersihkan WTP IPA Kabo (ist)


Seputar Kutim- PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur lakukan perawatan rutin. Salah satunya membersihkan Water Treatment Plan (WTP) di Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Kabo Jalan Papa Charlie, Desa Kabo Jaya. Hal ini berfungsi menjaga kualitas air tetap bersih, Senin (18/2).

Kepala Bagian Produksi Rudiansyah mengatakan dari proses produksi air baku ke air bersih menyisakan sejumlah kotoran di WTP. Maka pembersihan WTP jadi rutinitas yang wajib dilakukan secara berkala. agar lumpur dan kontoran yang mengendap tidak mempengaruhi kualitas air.

“Pembersihan dilakukan di 1 hingga 6 Filtrasi serta bak pengedapan (Prasedimentasi),” ungkapnya.

Kemudian, area yang dibersihkan juga cukup luas sehingga membutuhkan waktu. Dan selama pembersihan WTP. Beberapa mesin intake akan dimatikan sementara. Guna memudahkan petugas saat bekerja.

“Mesin intake dimatikan kurang lebih satu jam. Sedangkan proses pembersihannya WTP dimulai 16-20 Februari,” sebutnya.

Kepala Sub Bagian Produksi Rudy menambahkan perawatan ini dilakukan dua hingga tiga kali dalam setahun. jumlah itu tergantung tingkat kekeruhan dari air baku. Sedangkan dalam proses pembersihan WTP ini tidak sampai menghentikan distribusi air ke masyarakat.

“Hanya debitnya yang berkurang. Biasanya 260-270 Liter/detik, kini menjadi 200 liter/detik,” katanya.

Adapun tahapan pembersihan mulai dari WTP, dua bak Prasedimentasi yang masing-masing berkurung lebar 5 meter, tinggi 3,60 meter dan pajang 25 meter. Dan terakhir dibersihkan bak lumpur atau  Sludge Drying Bed (SDB) yang merupakan wadah pengolah lumpur IPA.(*/HumasPDAM)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.