Sungai Rantau Pulung Siap Digunakan untuk Kejurnas Arung Jeram R4 2018


Foto bersama pengurus dengan atlit Arung Jeram Kutim (ist)


Kutai Timur-Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 Tahun 2018 pada akhir pekan November 2018 ini.

Venue Kejurnas Arung Jeram R4 Kaltim 2018 kali ini ialah Sungai Rantau Pulung di Jalan Poros Sangatta-Rantau Pulung Kilometer 11 usai sukses menjadi lokasi Pra-Porprov Kaltim 2017 lalu meski berbeda titik jeram. Federasi Arung Jeram (FAJI) Kutai Timur dan FAJI Kaltim memastikan venue yang sama juga akan digunakan pada Porprov Kaltim Cabor Arung Jeram pada 29 November-3 Desember 2018.

“Sesuai rencana kami, Kejurnas Arung Jeram R4 akan digelar 2018 di Kutim setelah berhasil mengadakan Pra-Porprov Kaltim R4 2017 dan mengikuti Kejurnas R4 Probolinggo. Di dua kejuaraan itu, tim berhasil meraih hasil memuaskan,” ujar Ketua FAJI Kutim, Irwan, dalam pembukaan Kejurnas R4 Kutim 2018 di Sungai Rantau Pulung, Selasa pagi (27/11/2018).

Ia menargetkan atlet Kutim mampu menjaga catatan positif bahkan meningkatkan raihan medali emas. Di bawah kepelatihan Wawan Purwana, cabor Arung Jeram Kutim menerjunkan tim R4 Putra dan Putri pada kejuaraan ini.

“Kami menilai semua kontingen punya peluang yang sama karena jelas telah berlatih dan bertambah kuat. Namun, tim asal Bandung bisa dikatakan cukup menjadi lawan yang perlu diperhitungkan. Kami kami tetap optimis tim bisa menampilkan performa yang baik,” ujar Irwan menjawab kans Arung Jeram Kutim menjadi juara umum pada kompetisi ini.

Ketua Panitia Yudi Hendrawadi menjelaskan terdapat tiga kategori dalam Kejurnas R4 Kaltim 2018 ini yakni, Seeding, Head to Head, dan Slalom. Kejurnas bersifat turnamen terbuka baik untuk kelas R4 Putra dan Putri.

“Para atlet akan memperebutkan total enam medali emas dari tiga kategori putra dan putri, serta hadiah uang pembinaan mencapai 50 juta rupiah. Namun, tujuan utama Kejurnas ini untuk memperkenalkan dunia arung jeram nasional bahwa Kaltim juga banyak memiliki potensi venue jeram seperti di Kutim,” sebut Yudi yang juga menjabat Ketua Harian FAJI Kaltim ini.

Kejurnas R4 Kaltim 2018 diikuti sejumlah kontingen dari kabupaten/kota yang didominasi dari wilayah Kaltim. Di antaranya Bontang, Kutai Barat, Samarinda, Mahakam Ulu (Mahulu), Kutai Timur dan Bandung, Jawa Barat. Hari ini, digelar perebutan juara kategori Seeding dan Head to Head. Sementara esok, Rabu (28/11), para atlet arung jeram akan beradu pada nomor Slalom. (*)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.