Ini Empat Point Kesepakatan Forum Germas di Kutim

rapat penguatan forum Germas OPD/ Lintas sektor/ Kecamatan, Ormas dan dunia usaha 
(foto nobi)


Dalam rapat penguatan forum gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang di gelar selasa kemarin, (9/10/2018). Di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur, di hasilkan empat kesepakatan bersama penguatan Germas di Kabupaten Kutai Timur.

Gelaran rapat penguatan forum Germas ini di laksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur yang di ikuti  Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/ Lintas sektor/ Kecamatan, Ormas maupun dunia usaha atau swasta.

Berdasarkan instruksi presiden no.1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (germas), dan dengan telah diterbitkannya peraturan bupati tentang pedoman gerakan masyarakat hidup sehat maka pada hari ini tanggal 9 bulan oktober tahun 2018, (OPD)/ Lintas sektor/ Kecamatan, Ormas maupun dunia usaha atau swasta yang berada di wilayah Kabupaten Kutai timur berkomitmen menjalankan program Germas bidang kesehatan.
Diantara empat komitmen tersebut diantaranya adalah melakukan pertemuan rutin Monitoring dan Evaluasi Germas setiap Triwulan melalui forum Germas kabupaten, melaksanakan Germas sesuai tupoksi masing-masing OPD/ Lintas sektor/ Ormas maupun Dunia Usaha dan melaporkan kegiatan Germas melalui form yang sudah ada, dengan berpedoman pada Peraturan Bupati no.42 tahun 2018 tentang pedoman gerakan masyarakat  hidup sehat pasal 11. Memaksimalkan pemanfaatan dana desa untuk kegiatan germas sesuai dengan permendes no.19 tahun 2017 tentang prioritas penggunaan dana desa. Dan kecamatan yang belum melaksanakan launching germas agar segera melaksanakan kegiatan tersebut.
Sebelum dilaksanakan kesepakatan komitmen penguatan forum Germas, tiga lintas sektor memberikan pemaparan  mengenai pelaksanaan Germas di Kabupaten Kutai Timur, diantaranya Dinkes Prov. Kaltim yang disampaikan oleh Bapak Maulana Fahmi, TP PKK Kabupaten Kutim Ibu Siti Fatimah dan perwakilan PT. KPC Ibu Yuli. Dan dilakukan tanya jawab terkait pelaksanaan Germas di Kutai Timur. (Rusli Nobi)

Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.