Wujudkan Pelayanan Kesehatan Ramah Anak - DPPPA Laksanakan Sosialisasi

Foto bersama peserta dan panitia sosialisasi terpadu hak kesehatan dasar anak (foto nobi)



Seputar Kutim-Dalam upaya menjadikan petugas pelayanan kesehatan yang ramah anak serta membentuk Puskesmas ramah anak . Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) laksanakan sosialisasi terpadu hak kesehatan dasar anak, di Lumbu Hotel Jl. APT Pranoto, Sangatta Utara. Rabu (25/4)

Kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten atau Kota layak anak (KLA), dan untuk peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiridari petugas pelayanan di Puskesmas sebanyak 16 orang dari 8 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kutim.

Mewakili Bupati Kutim Ismunandar, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Hak Asasi Manusia (HAM) dr Martin Luther membuka secara resmi sosialisasi terpadu hak kesehatan dasar anak, yang ditandai dengan penyematan id card tanda peserta sosialisasi.

“Sosialisasi terpadu hak kesehatan dasar anak merupakan salah satu point dari indicator kluster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, yaitu mengenai pelayanan Puskesmas ramah anak sehingga yang menjadi target pelatihan adalah SDM Puskesmas. Sebagai fasilitas kesehatan terdepan selain memberikan pelayanan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan pemulih Puskesmas juga berperan dalam memenuhi kesehatan anak,” jelas dr Martin Luther dalam sambutannya.

 “Saya ingin menggaris bawahi bahwa poin terpenting proses pengembangan KLA adalah koordinasi dengan para  stakeholder pemenuhan hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan serta rutin,” harap Martin.

Lebihlanjut Martin mengatakan bahwa anak adalah investasi kita dimasa yang akan datang, maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pemerintah saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kutim untuk selalu mencintai keluarga yang sakinah mawaddah warohmah, yang kelak nanti akan melahirkan anak-anak yang sehat, kuat, cerdas dan berakhlak mulia,” himbaunya.


Senada Kepala Dinas PPPA Kutim dr Aisyah mengatakan bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai sumber daya manusia di masa depan yang merupakan modal bangsa bagi pembangunan yang berkesinambungan.

“Berangkat dari pemikiran tersebut, kepentingan yang utama untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus memperoleh perioritas yang sangat tinggi,” kata dr Aisyah.

“Untuk itu pada hari ini kita adakan kegiatan ini, yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan tentang sejarah, subtansi, prinsip serta komentar umum konvensi hak anak. Selaian itujuga meningkatkan pengetahuan peserta tentang makna yang tergantung dalam konvensi hak anak,” jelas dr Aisyah.

Aisyah berharap dengan pelaksanaan  sosialisasi terpadu hak kesehatan dasar anak dapat menjadikan petugas pelayanan kesehatan  yang ramah anak dan membentuk Puskesmas ramah anak untuk mewujudkan Kabupaten Kutim layak anak. (nobi)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.