Wabup Kutim Kasmidi Bulang Pimpin Peringatan Hari Kartini di SDN 009

Wabup Kutim Kasmidi Bulang pimpin peringatan Hari Kartini di SDN 009 Sangatta Utara (Foto Oca)
SANGATTA- Mewakili Bupati Kutai Timur(Kutim) Ismunandar, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang pimpin pelaksanaan upacara peringatan hari Kartini di SDN 009 Sangatta Utara.  Sabtu (21/4/2018).

Pelaksanaan peringatan Hari Kartini berjalan semarak karena tak hanya para siswa siswi yang hadir turut juga dihadiri oleh para ibu-ibu yang tergabung dalam berbagai organisai diantaranya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kutim dan perwakilan lainnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Kutim Hj. Encek UR Firgasih, beserta pengurus TP PKK Kutim, perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kutim dan para guru yang semuanya mengenakan pakaian kebaya.
Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April dan hari tersebut merupakan hari dimana kita mengenang seorang wanita agung bernama Raden Ajeng Kartini atau R.A. Kartini. Beliau dikenang hingga sekarang karena telah menjadi inspirasi bagi seluaruh wanita di Indonesia. Kartini adalah wanita yang menyerukan kepada seluruh kaum wanita agar terus bersinar, seperti harapannya yang ada di dalam buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.

Salah satu siswi yang berhasil menjawab pertanyaan
dan mendapatkan satu unit sepedah

"Dengan momentum peringatan hari Kartini diharapkan bisa membuat banyak perempuan-perempuan di Kabupaten Kutim memiliki sifat, karakter serta semangat Kartini, dalam meningkatkan perannya demi kemajuan Masyarakat," Daerah dan Negara. Harap Wabup Kutim Kasmidi Bulang dalam upacara peringayan Hari Kartini.


"Atas nama pribadi, Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten, kami ucapkan Selamat Hari Kartini, majulah perempuan di Kabupaten Kutai Timur," Ucap Kasmidi.

Dikatakannya bahwa peringatan Hari Kartini ini bukanlah sebagai kegiatan seremonial belaka, namun lebih kepada upaya meningkatkan sinergitas dan koordinasi atas berbagai prestasi yang telah dilaksanakan oleh kaum wanita Dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

"Terutama dalam peningkatan program yang terarah, berorientasi kedepan dan bermanfaat bagi masyarakat, serta terus berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan melalui penanganan masalah pendidikan, kesehatan dan peningkatan keterampilan kerja masyarakat," Harapnya.


Ketua TP. PKK Kutim Hj. Encek UR Firgasih, yang juga sebagai Wakil Ketua II DPRD Kutim, menambahkan bahwa hari Kartini merupakan aspirasi sebuah cita-cita untuk mewujudkan cita-cita para wanita Indonesia khususnya di Kutim, "wanita harus terus berkarya," Ucapnya.

"Dibalik suksesnya sebuah keluarga tidak luput dari peran seorang perempuan sebagai seorang istri. Kartini zaman sekarang adalah seorang ibu, seorang karyawati atau seorang anggota masyarakat yang baik dan berkepribadian," Kata Firga.

Firga juga berharap agar seluruh masyarakat, khususnya wanita bisa selalu mengingat perjuangan yang telah dilakukan Kartini. Agar semua orang dapat menghargai perempuan yang ada di Indonesia ini.

Dalam kesepempatan itu juga dilaksanakan peresmian mushola sekolah, launching marching band sekolah serta beberapa quis bagi siswa, untuk memeriahkan Hari Kartini dengan hadiah berupa sepeda bagi yang berhasil menjawab dengan benar. (*/nobi)

Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.