Tarian Khas Daerah Meriahkan Hari Kartini Gelaran GOW


Tarian Khas Daerah Kabupaten Kutim tampil memukau dihadapan tamu undangan (foto nobi)

SeputarKutim- Berbagai tarian tradisional meriahkan peringatan Hari Kartini  yang diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang terlaksana di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Selasa (24/4).


Tampak lincah dan luwes para penari menampilkan berbagai gerakan-gerakan yang mengambarkan sebuah cerita dari sebuah seni tari karya muda-mudi Kabupaten Kutim.

Beberapa tarian yang ditampilkan diantaranya adalah tari dayak penyambutan tamu biasanya ditempatkan diacara-acara tertentu seperti pesta adat, pernikahan dan hari-hari besar sebagai penghormatan kepada tamu yang datang.


Selanjutnya ada tarian  Tep Sibea Ledoh. Tarian ini menceritakan tentang anak pedalaman suku Bahau Wehea yang ada di Kabupaten kutim, pada zaman dahulu anak-anak suka sekali bermain anak-anakan atau pada zaman sekarang yang dikenal dengan nama boneka.

“Pada saat itu anak-anakan dibuat dari sarung sang ibu yang biasa keseharian digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti pengganti rok atau tapih, tengkolok (topi atau pelindung kepala), tilasan mandi, sarung tidur. Dan sarung adalah pakaian yang selalu ada pada keseharian wanita tempo dulu,” Terang Putri salah satu penari.

Selain itu adapula tarian yang menggambarkan kegiatan warga pedesaan yaitu tari Empeng Padi. Tarian ini menggambarkan kegiatan warga pedesaan pada bahari kala, setelah melakukan panen padi seraya ucapan rasa syukur.

“Membuat “Empeng Padi” adalah hal rutinitas yang sering dilakukan untuk menikmati beras baru dengan cara menutu atau menumbuk padi. Padi yang masih segar, setelah dijemur dimasukan dalam lesung kemudian ditumbuk secara berulang-ulang hingga kulit padi terkelupas dan menjadi beras yang harum,” Ujar salah satu penari lainnya Nurul Kliariah

“Indah negeriku, lestari budayaku,” Tegas para penari. (nobi)  
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.