Cegah Korupsi - ASN di Kutim Ikuti Workshop Integritas

Wabup Kutim H. Kasmidi Bulang saat membuka workshop integritas (foto Sahid)


Seputar Kutim-Penindakan terhadap pelaku korupsi sangat penting, namun yang tidak kalah penting adalah pencegahan. Penekanan itu yang disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) H. Kasmidi Bulang saat membuka workshop integritas, di Ruang Akasia, Gedung serba guna, Sangatta. Selasa (24/4).

"Budaya integritas dan anti korupsi harus di tanamkan di tengah para Aparatur Sipil Negara (ASN)," ujar Kasmidi.

Dia berharap melalui workshop ini bisa menjadi bentuk pemahaman bagi ASN di Kutim dan dapat menjadi salah satu bentuk pencegahan agar ASN dapat komit dan menjauh dari tindakan korupsi. Mengingat dari data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  akibat korupsi di Indonesia negara dirugikan sekitar 274 triliun.

Pelaku sendiri telah merambah disegala bidang. Diantaranya anggota DPR 124 kasus, di tubuh Kementerian 25 kasus, kepala Daerah 75 kasus, eselon 133 hingga hakim 14 kasus. 

"Budayakan integritas, sehingga ASN komitmen menolak segala jenis korupsi," harap Kasmidi.

Lebih lanjut Kasmidi pun mengingatkan agar para peserta workshop dapat mengikuti acara dengan serius. Jika memang pimpinan Instansinya tidak dapat hadir segera kirim perwakilannya.

"Kirim perwakilan kan ada Kepala Bidang. Kalau tidak ada yang datang segera laporkan ke saya. Nanti dibuatkan undangan khusus. Ini wajib dihadiri," tegasnya.

Sebelumnya Kelapa Inpektorat Wilayah Kutim Suko Buono sebagai penyelenggara melaporkan bahwa acara digelar tiga hari 24 hingga 26 April dengan tujuan meningkatkan pemahaman ASN, masyarakat terhadap budaya integritas di daerah sehingga menghindarkan tindak korupsi. Dan sebagai nara sumber dari tim Kolaborasi Integritas Nasional yakni Ryan H Utama dan Asep Khairul.

"Peserta dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mencapai 50 orang," tuturnya. (Sahid)
Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.