Sebagai Pembinaan-PKK Kutim Laksanakan SMEP Di 18 Kecamatan

Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj. Tirah Satriani saat melaksanakan SMEP di Kecamatan Batu Ampar


Kutai Timur- Sebagai gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat PKK merupakan mitras kerja pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan yang tercermin dalam 10 program pokok PKK yang selama ini telah berjalan dan berkembang dengan hasil yang positif.

Guna melihat seberapa jauh penyerapan pelaksanaan kegiatan dari 10 program pokok PKK di Kecamatan, TP PKK Kutim kembali melaksanakan supervisi, monitoring, evaluasi dan pelaporan (SMEP) ke 18 kecamatan. SMEP bakal dilakukan di semua jenjang kepengurusan Tim Penggerak PKK.

“SMEP kali ini dilaksanakan untuk memberikan perhatian khusus kepada Posyandu sebagai wadah terdepan dalam pemberian layanan sosial dasar, penguatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), memperkuat Dasa Wisma serta penguatan 10 program pokok PKK.  Kegiatan dimulai pada rabu (21/11) kemarin di wilayah pedalaman Kutim,” sebut Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj. Tirah satriani mewakili Ketua TP PKK Kutim Ny Encek UR Firgasih.

“Mengapa PKK harus memberikan perhatian khusus kepada Posyandu sebagai wadah terdepan dalam pemberian layanan sosial dasar, karena Posyandu saat ini tidak hanya menyelenggarakan layanan kesehatan dasar ibu dan balita, tetapi juga sebagai tempat pelayanan yang dilakukan secara terpadu bagi bidang kesehatan, pendidikan, bina keluarga, juga peningkatan ekonomi kader,” kata Tirah sapaan akrab wakil Ketua PKK Kutim.

“Tentunya hal ini tak luput dari peran serta aktif para kader Posyandu yang sudah bekerja sukarela untuk membantu meningkatnya upaya kesehatan masyarakat. Untuk itu Ketua TP PKK Kutim akan memberikan bantuan uang transport kepada para kader yang akan segera dikucurkan yang tekhnisnya akan diatur sesuai pedoman yang sudah ditentukan sebagai wujud penghargaan untuk para kader Posyandu,” ucapnya.

Tim penggerak PKK juga senantiasa berkoordinasi dengan jajaran pemerintah dan menjalin relasi, kemitraan dengan lembaga untuk keberhasilan visi dan misi gerakan PKK yang mana telah kita laksanakan MOU antara PKK dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Swasta.

Sekretaris PKK Kutim dr. Yuwana Sri Kurniawati menambahkan bahwa gerakan PKK di Kutai Timur saat ini sangat luar biasa, baik itu di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa-desa. Semua pengurus PKK sangat aktif berlomba-lomba berbuat terbaik dalam melaksanakan program kerjanya. Hal ini tak luput tentunya karena didukung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kutim.

“Kemajuan tehnologi juga menjadi factor pendorong makin lancarnya komunikasi dan membangkitkan daya kreasi inovasi dari para tim penggerak PKK. Sebagi missal adalah PKK kabupaten memiliki website, berbagai agenda kegiatan bisa dibuka disitu. Demikian juga medsos, yang mana melalui group WA kita bisa saling memantau TP PKK kecamatan saling bertukar informasi dan ilmu diaplikasikan dalam upaya memperbaiki kesejahteraan keluarga,” jelas yuwana.



Dalam pelaksanaannya SMEP dibagi dalam empat kelompok denga empat zona. Zona pertama adalah kecamatan Sangatta Utara, sangatta Selatan, Bengalon, Teluk Pandan dan Rantau Pulung,dengan Koordinator ,Wakil Ketua II Aisyah HD. Zona dua Kecamatan kaliorang, Kaubun, Sangkulirang, Karangan dan Sandaran dengan Koordinator, Sekretaris III Nurrahmi Asmila.

Sedangkan zona tiga di Kecamatan Batu Ampar, Muara Wahau, Kongbeng dan Telen dengan koordinator Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj. Tirah Satriani. Dan zona empat Kecamtan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang dan Long Mesangat dengan Koordinator Sekretaris IV Hj. Herliana. (rusli nobi)


Share on Google Plus

About ApaAdanya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.